Minggu, 03 Oktober 2010

calon tugas seminar saya yang nulis script ^^

hai,, kawan.. berbagi lagi tugas seminar yang script... berikut baru kutub 1 nya.. formatnya seperti itu krg lebih.. n ntar klo ngasih gambar, referensi gambarnya ditaruh di bwh gambar atau di footer ya.. :)
semangatt mengerjakan!!




SCRIPT
Deskripsi Tematik
Wonogiri Edutainment Resort dengan Pendekatan Arsitektur Tropis

1.      Resort
1.1.       Kajian Resort
1.1.1.      Pengertian Resort Secara Umum
Pengertian resort pada umumnya selalu dikaitan dengan pendekatan, keterpaduan fasilitas yang satu sama lain saling menunjang. Salah satu pengertian yang dikemukakan oleh Chuck Y. Gee (1985). “A resort is considered a final destination for vacation travelers. Asa such it must have a full complement of aminities, services, product, and recreational facilities required by guest. The development of a resort destination embraces similar types of problem economic, sosial and environment.”
Resort adalah sebuah tempat menginap dimana mempunyai fasilitas khusus untuk kegiatan bersantai dan berolah raga seperti tennis, golf, spa, tracking, dan jogging, bagian concierge berpengalaman dan mengetahui betul lingkungan resort, bila ada tamu yang mau hitch-hiking berkeliling sambil menikmati keindahan alam sekitar resort ini. (Nyoman.S. Pendit. Ilmu Pariwisata, Jakarta : Akademi Pariwisata Trisakti, 1999)
Resort adalah suatu perubahan tempat tinggal untuk sementara bagi seseorang di luar tempat tinggalnya dengan tujuan antara lain untuk mendapatkan kesegaran jiwa dan raga serta hasrat ingin mengetahui sesuatu. Dapat juga dikaitkan dengan kepentingan yang berhubungan dengan kegiatan olah raga, kesehatan, konvensi, keagamaan serta keperluan usaha lainnya. (Dirjen Pariwisata , Pariwisata Tanah air Indonesia, hal. 13, November, 1988)
Resort adalah tempat peristirahatan di musim panas, di tepi pantai/di pegunungan yang banyak dikunjungi. (John M. Echols, Kamus Inggris-Indonesia, Gramedia, Jakarta, 1987)
Resort adalah tempat wisata atau rekreasi yang sering dikunjungi orang dimana pengunjung datang untuk menikmati potensi alamnya. (A.S. Hornby, Oxford Leaner’s Dictionary of Current English, Oxford University Press, 1974)
Resort adalah sebuah tempat menginap dimana mempunyai fasilitas khusus untuk kegiatan bersantai dan berolah raga seperti tennis, golf, spa, tracking, dan jogging, bagian concierge berpengalaman dan mengetahui betul lingkungan resor, bila ada tamu yang mau hitch-hiking berkeliling sambil menikmati keindahan alam sekitar resort ini. (Nyoman.S. Pendit. Ilmu Pariwisata, Jakarta : Akademi Pariwisata Trisakti, 1999)
Kolam Renang tennis 
Resort adalah sebuah kawasan yang terencana yang tidak hanya sekedar untuk menginap tetapi juga untuk istirahat dan rekreasi. (Chuck Y. Gee, Resort Development and Management, Watson-Guptil Publication 1988,h)

1.1.2.      Karakteristik Pengembangan Resort
Karakteristik pengembangan Resort bertolak dari pengamatan terhadap perjalanan wisatawan yang membutuhkan satu perjalanan terpadu dari satu tempat rekreasi yang melayani berbagai fasilitas seperti hiburan, rekreasi, santai, dan kesehatan. Hal ini dikaitkan dengan Travel Efficiency baik dari segi biaya, waktu, dan kenyamanan pelayanan dan keamanan. Resort adalah salah satu bentuk tempat yang berupaya menyediakan berbagai fasilitas yang memungkinkan wisatawan menggunakannya dalam satu kesempatan.

1.1.3.      Jenis – Jenis Resort
Resort memiliki beberapa jenis, yaitu :
a.       Mountain Resort






Gambar. Mountain Resort
Lokasi terletak di pegunungan dengan fasilitas utama disesuaikan dengan keadaan fisik pegunungan tersebut. Misal : ski es (pada pegunungan es), berkuda, mendaki gunung, agrowisata, dsb.
b.      Seaside Resort






Gambar. Beach Resort
Lokasi resort terletak di daerah tepi pantai dengan fasilitas utama wisata bahari yang disesuaikan dengan potensi perairan setempat, misal: surfing, diving, game fishing, dll.
c.       Spa’s and Health Resort






Gambar. Spa’s  Resort
Kawasan wisata yang lebih mengkhususkan pada penyegaran kesehatan, fisik, maupun mental, dengan fasilitas penunjang kesehatan yang lengkap.

1.1.4.      Aktivitas di dalam Resort
1.1.3.a.     Jenis Aktivitas
           Pada umumnya aktivitas yang dilakukan pengunjung suatu resort adalah menginap dalam beberapa hari menikmati keindahan pemandangan dan suasana alami daerah tersebut. Selain itu dengan fasilitas – fasilitas yang disediakan di Resort, memungkinkan pengunjung untuk melakukan aktivitas berlibur dan rekreasi di dalam resort tersebut.
           Fasilitas fasilitas yang umumnya terdapat pada suatu resort yaitu :
1.      Fasilitas Penginapan
a.       Villa
      Villa merupakan fasilitas penginapan yang berupa suatu rumah dari 1 – 3 lantai yang disewakan untuk para pengunjung, dimana dapat memfasilitasi aktivitas istirahat beberapa orang di dalamnya. Menginap di villa diibaratkan seperti menginap di rumah sendiri tetapi dengan suasana asli daerah tersebut dimana villa juga dilengkapi fasilitas penunjang serta ruang – ruang seperti ruang keluarga, ruang tv, dapur, ruang makan, dll. Pengunjung yang akan menginap pada villa dapat memilih tipe villa yang sesuai dengan fasilitas di dalamnya dan berapa kamar yang dibutuhkan.

b.      Hotel






Gambar. Fasilitas di dalam kamar Hotel
      Hotel merupakan salah satu fasilitas penginapan di dalam resort dimana berupa bangunan satu massa yang terdiri dari beberapa kamar yang dapat di sewa pengunjung untuk menginap selama beberapa hari. Peruangan pada tiap kamar Hotel yaitu ruang tidur yang dilengkapi dengan kursi santai, meja, tv, kulkas, dll dan kamar mandi. Pengunjung hotel yang ingin menginap dapat memilih tipe kamar sesuai dengan keinginannya.

c.       Cottage
      Cottage merupakan sebuah pondok / rumah yang sudah dilengkapi dengan peralatan dapur sederhana yang dapat disewa pengunjung. Cottage umumnya berupa pondok kecil satu lantai dan sederhana
carita, hotel, pantai carita, lippo carita, pantai, kondominium Lippo Carita, cottages carita, villa carita, anyer hotel, wisata carita, wisata, pantai, anyer carita, carita, pantai carita, resort penginapan di pantai, carita hotel, pantai carita, wisata pantai, caritahotel, lippo carita, kondominium lippo carita, cottage di carita, lippo carita resort, hotel di carita, liburan di mutiara carita, villa mutiara carita, mutiara carita beach, mutiara carita cottages, mutiara carita anyer, bay Resort, cottages, pantai, Carita hotel, pantai Anyer, Carita villa, pantai Carita, Hotel Murah di Carita, Carita Hotel, Carita Anyer, Mutiara Carita Cottages, Mutiara Carita, Hotel Mutiara, Mutiara Carita, carita bay resort, pantai Carita, Wira Carita, Hotel di Lippo Carita Resort Carita Bay Resort, Pantai Carita, Lippo Carita, Anyer Carita, Villa Lippo Carita, Cottages Mutiara, Mutiara Carita, Hotel Mutiara Carita Cottages, Mutiara Carita Cottages 


d.      Lahan Perkemahan






Gambar. Bumi Perkemahan Lembang
      Lahan perkemahan yang terdapat pada resort merupakan salah satu fasilitas penginapan yang dipilih oleh pengunjung untuk mendirikan kemah dan camping. Lahan perkemahan disiapkan untuk rombongan pengunjung yang menginginkan berlibur dan menginap di lahan terbuka dengan fasilitas tenda dan kamar mandi dengan fasilitas sebagai sarana camping.

2.      Fasilitas Rekreasi dan Hiburan
a.       Wisata Alam
a.1. Hiking
a.2. Fishing (memancing)
a.3. Surfing
a.4. Camping
a.5. Agrowisata
b.      Arena Bermain Anak
b.1. Agrowisata  Anak
b.2  Play Ground
c.       Entertainment
c.1. Bilyard,
c.2. Karaoke,
c.3. TV Program
c.4. Internet 
d.      Health and Sport
d.1. Jogging Track,
d.2. Lapangan Tenis/ Basket/ Voli
d.3. Kolam renang
d.4. Spa
e.       Business Center
e.1. Ruang Rapat
f.       Kuliner
f.1. Restaurant
f.2. Satelite Dish
f.3. Lounge-cafe 
g.      Event
g.1. Barbeque Area.
g.2. Garden Party
g.2. Area Perlombaan
1.1.3.b.     Pelaku Aktivitas
                           

1.1.5.      Mekanisme Interaksi di dalam Resort
1.1.4.a.     Pelaku Aktivitas
  1.1.4.b.     Pola Aktivitas yang terjadi

1.1.6.      Pemilihan Lokasi Resort
Dalam  Facilities Planning Concepts ada tiga alternative yang dapat diterapkan sebagai berikut :
a.    Pemanfaatan lahan resort pada umumnya dilatar belakangi oleh alam pegunungan, pantai, danau, sungai, lembah yang dijadikan sebagai pilihan utama dalam menentukan zonasi yang dibagi kedalam berbagai penentuan zona inti, penyangga dan zona pelayanan.
b. Perencanaan disekitar hotel, yang berkaitan dengan taman, foot step, landscaping dan unsur penunjang lainnya.
c. Perencanaan diantara Resort Enclave yang dapat menunjang bagi berbagai kegiatan dan memaksimalkan lahan yang tersedia sebagai bagian view yang menarik.

1.1.7.      Permasaan di dalam Resort
1.1.8.      Peruangan di dalam Resort
1.1.9.      Preseden Resort

Tidak ada komentar:

Posting Komentar