Selasa, 12 Oktober 2010

catatan harian konsul KP

Dear wahana maya tempat saya curhat kepada semua orang yang berada di dunia maya *sebut dunia Internet..
Gak terasa sama sekali gak terasa sudah tiga bulan ini saya menjalani kape pada bidang pengawasan di proyek pembangunan Perumahan Bersubsidi Griya Karya Sejahtera Brujul 4B, Karanganyar bersama dua rekan seperjuangan kp saya si B dan si R (panggil : bili n Reny). Kami bertiga dibimbing oleh dosen arsitektur yang begitu rapi, disiplin, elegan, dan tentunya cantik.. saya tidak berani menyebut nama beliau.. hehehe..

yapp.. setelah saya dibimbing beliau..,, pada kali ini tulisan saya ini akan berubah menjadi tulisan - tulisan dengan STANDARD BAKU dengan EYD yang tepat.. *itung - itung belajar nulis laporan kp yang bener...

baik, yang akan saya tulis di sini adalah catatan - catatan revisi laporan kp milik teman saya Miss R, karena saya gagal konsultasi ke Bu Pembimbing KP saya pada hari ini.

Singkat cerita, saya telah membolos Studio Perancangan Arsitektur 7 hari ini demi menyelesaikan Bab IV dan Bab V untuk saya konsultasikan ke Bu Pembimbing KP, tetapi karena mungkin hari ini saya dan beliau belum berjodoh, maka ketika saya telah sampai di ruangan Bu Pembimbing KP, beliau sudah tidak berada di ruangan tersebut, dan kabar dari rekan seruangan beliau, Bu Pembimbing KP saya sudah pulang. Oleh karena hal tersebut bisa dikatakan malang nian saya, tetapi mungkin ini balasan dari perbuatan tidak menyenangkan yang tidak saya sengaja telah saya lakukan kepada Bu Pembimbing KP saya. Hal tidak menyenangkan yang saya lakukan adalah tidak datang dan tidak memberi kabar kepada Bu Pembimbing KP saya, padahal saya telah membuat janji konsultasi dengan beliau. Waktu itu saya tidak jadi konsultasi karena baru selesai Bab 1 dan jujur kala itu saya merasa tidak berani menghadap Bu Pembimbing KP saya sendirian. Maafkan saya Bu Pembimbing KP, maafkan saya maafkan saya maafkan saya. Saya sungguh sungguh tidak berani dan tidak berniat untuk mempermainkan waktu anda. Namun, saya ucapkan terima kasih atas sikap Bu Pembimbing KP saya kepada saya sekarang ini yang telah menyadarkan saya untuk bersikap dan bertindak lebih baik lagi.


Ternyata cerita saya yang singkat tersebut panjang juga, hehehehe. Lanjut ke topik, bahwa saya aku menuliskan revisi revisi laporan KP milik si R. Berikut merupakan catatan revisi dari Bu Pembimbing KP kami:


  • Kata Pengantar
          - Assalamu'alaikum (?)
          - Kalimat dengan standard baku
          - henti - hentinya, dukungannya
          - pada paragraf kata pengantar tersebut menjelaskan tentang content dari laporan
          - tulisan PENULIS yang dicantumkan di bawah tanggal, bukan nama sendiri 
  • Daftar Isi
          - Bab I. Pendahuluan
                       I.1.  Latar Belakang..................... I-1
            hingga Daftar Pustaka
          - Lampiran Gambar, lampiran dokumen, daftar tabel, daftar lampiran, lampiran gambar proyek,
            hal tersebut di atas di letakkan di halaman sebelum daftar isi.
  • Bab 1
          - sebenarnya, didapatkannya, nantinya -> kata ganti -nya dihindari
          - judul bab tidak boleh terpisah sendiri dengan paragrafnya di halaman lain
          - selalu pada awal paragraf, kalimat menjorok 1,5 spasi.
          - gunakan bahasa Indonesia yang baku dan benar tanpa mengunakan kata-kata asing tanpa penjelasan
          - perhatikan makna kata bahwa ini adalah penulisan laporan yang ilmiah -> untuk mempermudah
          - perhatikan tanda baca dan besar kecil huruf
  • Bab 2
          - rata kanan kiri
          - format keterangan gambar : 
                     Gambar II.1. peta lokasi bla bla
                     Sumber : bla bla laaaa, tahun
          - perhatikan penyusunan kalimatnya.
          - jangan lupa judul tabel
                    Tabel. II.1. blabla
          - dan jangan lupa tulis sumber tabel di bawah tabel
                    Sumber : bla boa blaa
  • Bab 3
          - setiap penjelasan diberi gambar keterangannya
          - gunakan bahasa Indonesia, jika terdapat kata - kata asing diberi bahasa Indonesianya
          - penggunaan kata yang berulang - ulang lebih terperinci, misal kusen.



Alhamdulillah begitu banyaknya koreksian yang didapatkan semakin bertambah pula ilmu saya mengenai penulisan laporan KP.
terima kasih Bu Pembimbing KP atas ilmu yang engkau berikan kepada kami mahasiswa didikmu.


penulis

okayy sekarang saya kembali ke bahasa sehari hari hhoooooohooo.. sampai jumpa di tulisan saya selanjutnyaa... semangattt KP... hidup laporan KP !!! BISMILLAH!!! ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar