Jumat, 24 September 2010

tugas Seminar Yang Bener

yeah... teman-teman arsitek uns yg ikut sminar,, hasil konsulku kemarin ma p.bambang,, dikasih tau kalo kerjaan seminar yang udah bener cuma kerjaannya farika *prok prok prok selamat farika hohoo ^^.. yang lainnya bukannya salah, tetapi kurang tepat atau kurang terdapat salah satu dari missi RPPK itu n selalu pak bambang mengingatkan untuk mempertajam FIS kita..

so.. progres seminar minggu depan kita yang always dikumpul hari senin jam plg lmbat jam 12,, itu :
1. merevisi skema tematik lagi, eksplorasi kutub - kutub sampai ke subitem2 (*seperti di kerjaan farikha)
2. mulai membuat SCRIPT sampai kutub pertama aja,, script adl penjelasan/deskripsi tiap1 item (poin-poin) yang kita buat,, kata bliau,, seperti di TA..

yup begitu target seminar kita mggu depan,, bagi temen2 yang mau konsul,, pak bambang tiap hari ada di ruangannya,, silahkan konsul aj,, meskipun beda pembimbing gak masalah.. ^^

oh ya,, ada materi yang diberikan pak bambang,, silahkan fotokopi masternya di hasbona yang biasanya itu.. tp buat tmn2 yang blum sempet ftkopi ini aku ada :

Rencana Daftar Isi Temaptik Eksplorasi
rencana daftar isi tematik yang potensial adalah suatu komposisi item-item bahasan yang terangkai dalam satu koridor dengan 4 aspek parameter sedemikian sehingga membentuk pemahaman perjalanan pekerjaan dan pengerjaan subyek. item-item bahasan tersebut merupakan penjabaran lanjut dari kutub-kutub dalam main idea.
4 parameter tingkat potensial tersebut adalah :
1. RELEVANSI
daftar rencana bahasan tematik yg potensial adalah yang memuat item-item yang mempunyai relevansi kuat secara internal dan eksternal kelompok.
2. PENGELOMPOKAN
rencana bahasan tematik yg potensial memuat item-item yg terkelompok dgn benar.
3. PRIORITAS
rencana bahasan tematik yg potensial terbentuk oleh item- item yg tersusun dengan prioritas yg logis, misalnya berdasarkan tingkat kepentingan pemahaman.
4. KRONOLOGIS
item-item tersusun berdasarkan relevansi, pengelompokan dan prioritas yang benar dengan sendirinya akan membangun atau menggambarkan koridor, kronologi pengerjaan tugas dengan baik pula.


ini kerjaannya farika yang udah bener  ^^ : 

Farikha Rizki Amalia
I0207046

SKEMA RENCANA TEMATIK
Rumah Ilmu dalam Hutan Kota di Bantaran Sungai Bengawan Solo

1.      Rumah Ilmu
1.1    Kajian Rumah Ilmu
1.1.a    Pelaku kegiatan di Rumah Ilmu
1.1.b    Aktivitas yang diwadahi dalam  rumah ilmu
                        1.1.c    Pola kegiatan yang terjadi dalam Rumah Ilmu
                        1.1.d    Macam ruang yang tercipta akibat kegiatan di rumah ilmu
                     1.2 Program Pemerintah sadar baca
 1.3 Preseden  rumah ilmu yang telah ada di Jawa Tengah
            1.3.a    Pustakaloka Rumah Dunia ( Serang, Banten )
1.3.b    Stasiun Buku
1.3.c    Pondok Baca Arcamanik ( Bandung )
1.3.d    GelaranIboekoe ( Yogyakarta )
1.3.e    Sanggar anak Pelita ( Semanggi, Solo)
                1.4 Potensi Rumah Ilmu di Solo
                                    1.4.a    Kecenderungan Masyarakat Solo akan minat baca
                                    1.4.b    Penciptaan ruang publik yang bermanfaat di Solo
1.4.c    Pertimbangan pemilihan site

2.       Hutan kota
2.1     Kajian Hutan Kota
2.1.a        Pengertian Hutan kota
2.1.b        Fungsi hutan kota
2.1.c        Peranan hutan kota dalam kehidupan kota dan masyarakat kota
2.2   Hutan Kota di Kota Solo
2.2.a        Program Pemerintah Kota Solo tentang Pengembangan konsep Hutan Kota
2.2.b        Perundangan tentang hutan kota
2.2.c        Lokasi Hutan Kota
2.2.d       Hutan Kota di Bantaran Sungai
2.2.d.1  Karakteristik Hutan Kota di wilayah bantaran sungai
2.2.d.2  Sisi positif dan negatif hutan kota di kawasan bantaran sungai Bengawan Solo
2.3    Potensi Pemanfaatan Hutan Kota sebagai Rumah Ilmu
2.3.a         Kondisi bantaran sungai bengawan solo
2.3.b        Peraturan perundangan tentang bantaran sungai
2.3.c         Lingkungan sekitar bantaran sungai bengawan solo
2.3.d        Sisi positif dan negatif rumah ilmu di kawasan bantaran sungai Bengawan Solo
2.3.d.1      Karakter ekologi pada daerah bantaran sungai Bengawan Solo
2.3.d.1.1     Flora
2.3.d.1.2     Fauna
2.3.d.1.3     Ekosistem
2.3.d.2    Potensi untuk ruang publik

3        Pemberdayaan Masyarakat
3.1   Kajian Pemberdayaan Masyarakat
3.1.a     Pengertian Pemberdayaan Masyarakat
3.1.b     Macam Pemberdayaan Masyarakat
 3.2. Pemberdayaan Masyarakat di Kota Solo
3.2.a  Pelaku Pemberdayaan Masyarakat di Solo
 3.2.a.1 LSM
 3.2.a.2  Pemkot
 3.2.a.3 Masyarakat kota Solo
3.2.b    Aktivitas Pemberdayaan Masyarakat di Solo
3.3. Pemberdayaan Masyarakat di Bantaran Sungai Bengawan Solo
3.3.a.Karakteristik Masyarakat bantaran sungai Bengawan Solo
3.3.a.1. Gaya hidup Masyarakat bantaran sungai Bengawan Solo
3.3.a.2.            Mata pencaharian Masyarakat bantaran sungai Bengawan Solo
3.3.a.3.            Pendidikan Masyarakat bantaran sungai Bengawan Solo
3.3.a.4.            Kecenderungan  bersosialisasi Masyarakat bantaran sungai Bengawan Solo
3.3.b.  Macam pemberdayaan yang dapat dilakukan
3.3.b.1 sektor pendidikan
3.3.b.1 sektor ekonomi
3.4. Pemberdayaan Masyarakat melalui pengadaan  rumah ilmu
3.4.a    Rumah Ilmu sebagai wadah belajar bagi Masyarakat
3.4.b    Macam Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat
                                    3.4.c    Aplikasi hasil pembelajaran dalam rumah ilmu
3.5. Rumah Ilmu di Bantaran Sungai Bengawan Solo sebagai Sarana edukasi dan Pemberdayaan Masyarakat
3.5.a    Tujuan Pemberdayaan  Masyarakat Bantaran Sungai Bengawan Solo
3.5.b    Urgensi Pemberdayaan Masyarakat Bantaran Sungai Bengawan Solo dengan Pengadaan  Rumah Ilmu
3.5.c    Aktivitas  yang diwadahi
3.5.d    Referensi desain yang berbasis partisipasi masyarakat

oke.. silahkan yang ke tag di fb dishare2 ke temn2 yang lain ya...
special thanks buat FARIKHA... hohooohoo... ^^

arsitekwannabe.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar